Iklan

iklan

Anak Berkacamata karena Keturunan?

Sulthan
Senin, 02 Januari 2012
Last Updated 2021-02-09T18:37:14Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini

TANYA:
 
Siang dokter, saya ingin bertanya adakah pengaruh keturunan pada pemakaian kacamata? Mata saya minus 3, demikian juga istri saya yang matanya minus. Anak kami belum genap berusia 5 tahun, tetapi dari hasil pemeriksaan di optik matanya minus 1. 

Saya lihat tidak ada kebiasaannya yang mengganggu matanya, kecuali ia memang suka menonton TV. Bagaimana pengaruh keturunan pada mata seseorang. Saya memang belum membawa anak saya ke dokter mata. Mohon bantuan penjelasan dokter. Terima kasih.
 
Abraham (34), Depok

JAWAB :

Faktor keturunan seringkali memegang peranan penting dalam hal kelainan refraksi mata. Pada anak yang kedua orangtuanya memakai kacamata (minus), kemungkinan ia menderita kelainan refraksi (mata minus) adalah lebih besar dibandingkan pada anak yang kedua orangtuanya tidak mengalami kelainan refraksi. 

Faktor lain yang  menyebabkan risiko menjadi lebih besar adalah kebiasaan menonton TV/bermain komputer yang terlalu lama dan posisi membaca yang salah/kurang penerangan. 

Sebaiknya segera periksakan si kecil ke dokter spesialis mata, jangan hanya ke optik karena kondisi kelainan refraksi (mata minus, silindris, dan sebagainya) pada anak memerlukan analisis yang lebih mendalam dibandingkan hanya dengan menggunakan kacamata <minus.
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl
iklan